5 Staf RSUD Sidikalang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Terkonfirmasi Positif Covid-19

TOPMETRO.NEWS – Terkonfirmasi positif covid-19. Begitulah nasib lima orang staf di RSUD Sidikalang, Kabupaten Dairi. Kini mereka dirujuk ke RS Marta Friska Medan.

“Dinkes melalui Puskesmas juga melakukan tracing kepada ke lima staf itu,” kata dr Ruspal Simarmata, Kadis Kesehatan Dairi, Jumat (22/1/2021).

Dari hasil tracing, ditemukan 12 orang kontak erat.

Selanjutnya, rapid test dengan hasil 11 orang non reaktif dan satu orang reaktif.

“Terhadap satu orang reaktif langsung dirujuk ke RS Marta Friska untuk dilakukan tes PCR,” katanya.

Dia mengatakan, pada dasarnya Pemkab Dairi melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Sidikalang ataupun Satgas sangat serius menangani Covid-19.

Dari bidang penanganan kesehatan setiap ada kasus terkonfirmasi positif, tim satgas penanganan Covid-19 langsung melakukan penyelidikan epidemiologi, pemeriksaan kontak erat, melakukan komunikasi risiko dan merujuk ke rumah sakit bila diperlukan.

“Langkah Satgas begitu menerima hasil PCR positif langsung merujuk pasien ke RS Marta Friska untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik,” jelasnya.

Direktur RSUD Sidikalang, dr Sugito Panjaitan mengatakan, awalnya manajemen RSUD Sidikalang memfasilitasi pemeriksaaan swab antigen kepada para tenaga kesehatan.

Dari hasil swab antigen ditemukan hasil positif dan selanjutnya pada (18/1) melakukan PCR di Rumah Sakit Martha Friska Medan dan dinyatakan empat petugas positif Covid-19.

“Selain itu, untuk memastikan seluruh para petugas RSUD tidak terpapar Covid-19 pada 19 Januari dilakukan kembali cek ulang antigen swab terhadap seluruh petugas RSUD,” katanya.

TOPIK TERKAIT | Positif Covid-19 Aceh Singkil Bertambah 8 Orang dan 7 Meninggal

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, setiap harinya warga yang terkonfirmasi positif di Aceh Singkil terus bertambah. Dan terakhir bertambah sebanyak delapan orang.

Hal ini sesuai penyampaian Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Aceh Singkil melalui Plt Kadis Kesehatan Nurman lewat siaran persnya.

penulis | jeremitaran
sumber | antara/suara

Related posts

Leave a Comment